Tentang JKTC

JKTC adalah event kejuaraan silat junior mulai usia dini, praremaja hingga remaja yang mempertemukan tak hanya pesilat yang mewakili sekolah, tetapi juga dengan pesilat yang mewakili perguruannya. Cakupan yang cukup luas ini membuat tingkat persaingan menjadi lebih kompetitif. Kejuaraan ini pun menjadi stimulus bagi para pesilat muda yang baru memulai prestasinya di ajang kejuaraan untuk dapat mengukur kemampuannya hingga melanjutkan prestasinya ke jenjang berikut.
Event ini dapat menjadi pilihan bagi pesilat pemula untuk berlaga, baik tanding maupun seni, yang bisa menjadi sarana pembantu bagi pencak silat menelurkan atlet-atlet muda silat yang andal dan berkualitas.

Event ini dilaksanakan 2 kali setahun dan kegiatan akan dilaksanakan untuk ke-7 kalinya dengan swadaya panitia yang merupakan mantan atlet dan pelatih baik tingkat daerah maupun nasional.

Beberapa inovasi dilakukan mulai dari pendaftaran on line, penilaian dengan sistem digital hingga pertandingan yang “clear area” dengan lebih membuat posisi penonton dibuat tertib hingga lebih layak disebut tontonan yang menarik.
Selain itu JKTC merupakan pertandingan silat yang dapat meminimalkan terjadinya kecelakaan pada saat atlet bertanding karena pemilihan wasit juri yang kompeten dan berpengalaman sehingga mengurangi kekhawatiran orang tua yang menurunkan anaknya ikut berlaga.

JKTC merupakan program pemberdayaan silat melalui kejuaraan untuk generasi muda sehingga akan menumbuhkan sikap kompetitif, sportif, yang dapat mempertebal nasionalisme dan mencintai kebudayaan tanah air sendiri.
Ke depan event JKTC tak hanya bergelut di kejuaraan olahraga pencak silat tapi juga akan berkolaborasi dengan silat tradisional sehingga tidak hanya terpaku hanya pada program melestarikan budaya, tetapi juga akan mengembangkan kebudayaan yang ada. Sehingga memperkokoh pencak silat sebagai salah satu barometer pembinaan silat di tanah air.

This entry was posted in Berita. Bookmark the permalink.

Leave a Reply