Perawatan Cedera Olahraga dengan RICE (Rest Ice Compression Elevation)

Memar, keseleo, atau otot tertarik merupakan cedera yang kerap dialami oleh olahragawan. Metode RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation) dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama sebelum berobat atau jika cedera yang diperoleh tergolong ringan.

Rest
Istirahatkan bagian tubuh yang cedera agar tidak terjadi cedera yang lebih lanjut dan membuat pemulihan lebih cepat.

Ice
Bungkus es dengan handuk dan tempelkan pada bagian yang memar atau bisa juga menggunakan ice pack. Lakukan selama 10 sampai dengan 20 menit, 3 kali sehari. Pengaplikasian es ini dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit.

Compression
Compression bermakna memberikan tekanan dengan membalut bagian yang cedera dengan perban elastis. Hal ini bertujuan untuk membatasi pembengkakan dan mempercepat masa rehabilitasi. Pastikan perban meliputi seluruh area cedera. Namun, jangan membebat terlalu ketat. Longgarkan bebatan jika bagian yang dibebat terasa kebas, kesemutan, atau bertambah nyeri.

Elevation
Posisikan bagian yang cidera melebihi ketinggian jantung ketika mengaplikasikan es atau saat duduk dan berbaring. Elevasi membantu mengembalikan darah dari area cedera menuju jantung sehingga mencegah terjadinya akumulasi darah di area cedera.

Segera periksakan ke dokter jika bagian yang cedera terasa nyeri hebat, terlihat bengkak yang amat besar, atau mengeluarkan darah karena hal-hal tersebut menandai adanya cedera yang lebih berat.

 

Sumber:
http://www.alodokter.com/alami-luka-memar-ini-pertolongannya
http://www.webmd.com/first-aid/tc/rest-ice-compression-and-elevation-rice-topic-overview
http://malangsportclinic.com/?prm=article&cat=1&id=37
http://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2859898/penatalaksanaan-pertama-pada-cedera-rice

This entry was posted in Artikel, sports health. Bookmark the permalink.

Leave a Reply