Promosi Pencak Silat di Azerbaijan

Husnan Bey Fananie, Dubes Indonesia untuk Azerbaijan (kemeja batik) dan Mr. Abbas, Sekjen Federasi Silat Azerbaijan (kaus biru)

Kemenpora mengadakan coaching clinic dan penampilan seni beladiri pada 9–12 September lalu di Baku, Azerbaijan dalam rangka promosi cabang olahraga pencak silat. Perwakilan dari IPSI, Persilat, Kemenlu RI, serta Federasi Pencak Silat Azerbaijan juga hadir. Acara coaching clinic ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Budaya Indonesia.
Duta Besar RI untuk Republik Azerbaijan, Husnan Bey Fananie, mengatakan bahwa pencak silat mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat Azerbaijan. Di bawah naungan Federasi Pencak Silat Azerbaijan, jumlah murid perguruan pencak silat di Azerbaijan yang awalnya berjumlah 5000 orang pada awal didirikannya pada tahun 2001 telah tercatat mencapai sebanyak 10.000 orang pada tahun 2016 dari sekitar 38 perguruan.
Perkembangan pencak silat di Azerbaijan ini dilatarbelakangi pula oleh persamaan Islam sebagai agama mayoritas, baik di Indonesia maupun Azerbaijan. Namun, Fananie mengemukakan bahwa keberadaan pencak silat di Azerbaijan masih membutuhkan dukungan semua pihak agar terus berkembang dan selalu aktif. Dukungan tersebut juga bertujuan agar pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Olimpiade sebagai puncak penyelenggaraan olahraga multicabang di dunia.

sumber:

http://www.antaranews.com/berita/651724/kemenpora-promosikan-pencak-silat-di-azerbaijan
https://www.kompas.tv/content/article/12980/video/sapa-indonesia/funwalk-indonesia-di-azerbaijan?utm_source=Kompascom&utm_medium=web&utm_campaign=partner

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply